7 Cara Jitu Membersihkan Paru-Paru, Walaupun Kalian Bukan Perokok

Salah satu organ tubuh terpenting bagi tubuh adalah paru-paru dimana sebuah saringan alamai yang senantiasa melindungi tubuh Anda dari berbagai infeksi serta polusi udara, itulah penyebabnya pada tubuh yang kuat pasti memiliki paru-paru yang sehat. Namun sangat disayangkan saringan terpenting tubuh ini dapat rusak karena zat berbahaya di udara yang Anda hirup setiap hari.


Ada banyak gejala yang dapat mengidentifikasi bahwa paru-paru Anda sedang kurang sehat diantaranya asma, batuk kering, sesak napas, brongkitis kronis dan banyak lagi lainnya. Oleh karena itu dilandir dari www.merdeka.com(16/09/2018), berikut 7 cara efektif membersihkan paru-paru agar terhindar dari berbagai penyakit. Sahabat okegreget, yuk ikuti beberaa cara simpel di bawah ini agar paru-paru Anda tetap bersih dan sehat!

1.Rajin membersihkan rumah
Menjaga kebersihan rumah salah satu hal utama yang harus Anda jaga kebersihannya. Mengapa demikian? Saat Anda tidak menjaga kebersihan rumah maka jamur ini bisa tinggal dengan mudah di sekitar rumah yang kotor. Jamur ini dapat memicu serangan asma dan alergi pada tubuh Anda.
Dengan membersihkan setiap sudut rumah Anda, selain tampil indah dan menyenangkan. Kesehatan paru-paru Anda juga akan terjaga.

Silahkan Baca Juga:



2. Tidur menggunakan bantal
Tidak tertutup kemungkinan ada di antara kita yang tidak mengetahui dampak positif dengan tidur menggunakan bantal. Saat Anda tidur menggunakan bantal, secara automtis kepala akan terangkat sekitar 10 hingga 17 derajat. Hal tersebut dapat mengurangi enzim ke tenggorokan, jadi dapat meminimalisir terjadinya batuk-batuk saat Anda tidur malam. Alangkah baiknya Anda hanya menggunakan 1 bantal saja itu sudah lebih dari cukup, karena lebih dari itu bisa membuat leher Anda sakit dan merasa tidak nyaman pada saat bangun keesokan harinya.

3. Ikuti pola makan yang sehat
pola makan yang sehat seharusnya diutamakan, karena makanan yang memiliki banyak vitamin dan mineral, dapat melindungi paru-paru Anda tanpa harus mengkonsumsi berbagai obat-obatan.
Hindari berbagai makanan cepat saji, makanan yang memiliki bahan pengawet maupun zat adiktif. Karena makanan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang dibutuhkan disetiap harinya, akan menjaga kesehatan paru-paru Anda dari berbagai zat lendir dan juga akan memperlancar aliran darah.
4. Tidak menahan batuk
Jangan pernah menahan batuk sekalipun dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Tujuan batuk sematasa untuk menyingkirkan enzim ketika Anda terkena Flu/Pilek dan hal itu membantu membersihkan paru-paru Anda. Dampak jika Anda terus-terusan menahan batuk adalah akan menyebabkan infeksi. Jadi, hindari menahan batuk, kalaupun Anda berada di situasi yang tidak memungkinkan segeralah pindah dan batuk seperlunya agar paru-paru Anda tetap terjaga.
5. Rutin berolahraga
Olahraga tidak hanya untuk membentuk tubuh agar kuat dan melatih otot. Dengan berolahraga akan menjaga kesehatan paru-paru Anda, olahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah serta memungkinkan vitamin dan mineral lebih cepat mencapai paru-paru Anda.
6. Memakai masker saat keluar rumah
Polusi udara dilingkungan walau secara kasat mata tidak terlihat namun cukup berbahay bagi kesehatan tubuh Anda. Apalagi dengan banyaknya polusi dari kendaraan, pabrik dan sejenisnya sangat dapat merusak paru-paru Anda. Oleh karena itu lebih baiknya setiap keluar rumah gunakan masker untuk melindungi paru-paru Anda, dari gas berbahaya yang kapan pun dan dimana pun dapat Anda hirup.
7. Melakukan latihan pernapasan
Latihan pernapasan sangatlah baik bagi Anda, semata untuk meningkatkan jumlah oksigen di paru-paru dan meningkatkan kemampuan paru-paru dalam membuang karbondioksida. Berikut beberapa tips latihan pernapasan yang dapat Anda lakukan:

Cara pertama:
1.Tarik napa dalam-dalam melalui hidungmu selama 2-3 menit.
2. Saat kamu menghembuskan napas, buatlah suara bersenandung misalkan (Tum hi hoo), (hooo laaaa laaa hooo), (haaaaa haaa).
Cara Kedua:
1.Tarik napa dalam-dalam melalui hidungmu selama 2-3 menit.
2. Perlahan-lahan keluarkan napas melalui bibir yang dikerucutkan selama 5-12 detik

Tujuan dari latihan pernapasan adalah akan membuat diafragma lebih kuat dan juga paru-paru Anda akan mendapatkan banyak oksigen. Sahabat okegreget, dari kedua cara diatas manakah yang sudah Anda lakukan? Bernapas adalah sumber utama dari kehidupan Anda, oleh karena itu Anda harus bisa menjaga paru-paru agar sehat dengan sebaik mungkin dan sebisa Anda.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik, Mohon maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbaru P*RN*G*R*FI, OB*T, H*UCK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan di tampilkan! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment