Tips mengatur keuangan bagi para pelajar dan mahasiswa


     Mengatur keuangan bukanlah perkara mudah, apalagi bagi kalangan pelajar atau mahasiswa yang sumber pemasukannya masih dijatah oleh orangtua. Meskipun uang saku masih didapat dari orangtua, para pelajar atau mahasiswa harus bisa
•    mengelolanya dengan baik agar cukup untuk memenuhi semua kebutuhan sekolah dan syukur-syukur bisa menabung.

      Jika kita tidak mampu mengelola keuangan secara tepat, bisa-bisa keuangan kita minus atau habis sebelum waktunya. Dan mau tidak mau, kita akhirnya meminta uang tambahan lagi dari orangtua. Bukannya meringankan beban orangtua yang ada kita menambah pengeluaran orangtua kita. Jika keuangan orangtua kita cukup mungkin saja tidak jadi masalah, lalu bagaimana kalau keadaan ekonomi orangtua kita pas-pasan? Sangat memprihatinkan, bukan?

      Nah agar keuangan kita tetap terkontrol setiap harinya, kita harus punya strategi agar kita bisa mengelola keuangan dengan bijak khususnya bagi kita para pelajar atau mahasiswa. Berikut beberapa tips yang patut dicoba

•    1. Buat daftar kebutuhan Anda
Buatlah daftar kebutuhan Anda dalam seminggu atau sebulan. Periodenya dapat Anda tentukan sendiri. Dengan begitu Anda tahu kebutuhan apa yang menjadi prioritas dan harus didahulukan. Buat pengelompokan kebutuhan Anda misalnya uang makan, transportasi, keperluan sekolah/kuliah, uang kost, belanja bulanan, dan keperluan lainnya.

    2. Sarapan di rumah
Sangat penting untuk sarapan di rumah sebelum berangkat sekolah atau kuliah, itu artinya Anda sedang menghemat uang Anda agar tidak membeli makanan atau minuman di luar rumah untuk menu sarapan Anda.

•    3. Catat setiap pengeluaran Anda
Mencatat setiap pengeluaran setiap harinya adalah menindaklanjuti daftar kebutuhan yang telah Anda buat sebelumnya. Setidaknya dengan mencatat setiap pengeluaran tersebut, Anda lebih tahu ke mana larinya uang Anda. Sehingga Anda tidak kaget jika tiba-tiba dompet Anda menipis. Pengeluaran sekecil apa pun jangan lupa ditulis ya.

•    4. Bawa bekal
Bagi Anda yang suka jajan di luar, cobalah untuk membawa bekal sendiri sebagai pengganti jajan Anda. Selain irit uang saku, bekal yang Anda bawa dan buat sendiri pasti lebih terjaga kebersihan dan bergizi tentunya. Tak perlu malu untuk membawa bekal dan air minum ke sekolah atau ke kampus. Uang jajannya kan bisa dialokasikan ke kebutuhan lainnya atau bisa ditabung.

•    5. Ingat bedakan kebutuhan dan keinginan
Ini yang paling susah untuk dihindari, apalagi bagi pelajar atau mahasiswa perempuan, terkadang keinginan untuk membeli sesuatu barang yang disukai menjadi penyebab tidak terkontrolnya keuangan. Alhasil kebutuhan utama yang menjadi prioritas tidak dibeli atau dibayarkan. Perencanaan keuangan memang sudah matang, tetapi namanya juga manusia terkadang nafsu berbelanja tidak tertahankan. Oleh sebab itu, berusahalah untuk mendahulukan yang memang Anda butuhkan. Jika ada kelebihan dana bolehlah Anda mempertimbangkan keinginan Anda.

•    6. Jangan lupa sisihkan uang untuk tabungan
Tidak ada alasan untuk tidak menyisihkan uang saku Anda untuk ditabung. Berapa pun besarnya uang saku Anda, cobalah untuk belajar menabung. Tabungan Anda dapat berguna bila suatu saat ada kebutuhan yang mendesak dan darurat.

•    7. Jangan terlalu sering berpergian
Mengapa demikian? karena saat Anda berpergian, otomatis Anda akan mengeluarkan uang. Apalagi jika Anda berpergian bersama teman-teman Anda, kan tidak mungkin Anda mengharapkan teman Anda yang bayar. Syukur-syukur dapat traktiran gratis, tetapi kalau tidak? Uang yang harusnya bisa ditabung jadi melayang buat Anda bersenang-senang.

•    8. Berhemat
Berhemat itu susah-susah gampang loh. Tetapi jika Anda mau, pasti bisa kok. Cobalah belajar berhemat setiap hari misalnya hemat pembelian pulsa atau hemat berbelanja.

•    9. Kerja paruh waktu
Nah, ini bukannya akan mengurangi uang saku Anda justru akan menambah pendapatan Anda. Bila kerja paruh waktu atau part time tidak mengganggu aktivitas belajar Anda dan Anda bisa mengatur waktu dengan baik, tidak ada salahnya Anda mencoba kerja paruh waktu.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik, Mohon maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbaru P*RN*G*R*FI, OB*T, H*UCK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan di tampilkan! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment