HARI WISUDAKU





Tanggal dan fhirda tunggu –tunggu pun akan tiba tinggal menunggu hari.Tepatnya tanggal 4 juni 2013 nanti fhirda akan melaksanakan wisuda  sebagai tanda lepas pisah dari jenjang sekolah menengah pertama di Ma,hadnya  jauh-jauh dari fihrda pun telah selesai mengepak semua barang-barang untuk meninggalkan Ma,had tercinta.
Setiap hari fhirda berlatih Qasidah bersama teman-temannya untuk ditampilkan pada acara wisudah.saat latihan berlangsung tiba-tiba muallima memanggilnya dari keluar gedung seni.Fhirda pun bergegas menghampoiri muallimah dan bertanya dengan menggunakan bahasa inggris.Karena di Ma’had Al Amin Fhirda hanya diperbolehkan menggunakan dua bahasa yaitu arab dan inggris. What happen Muallimah?tanya fhirda”there is your mother and your sister”muallimah menjawab.
Fhirda meninggalkan teman-temannya untuk menemui umi dan kakaknya.Sesampainya di kamar, Fhirda segerah bersalaman dengan keduanya,setelah ketiganya ngobrol,sebentar tiba-tiba umi mengajak fhirda menghadap ke ustadznya untuk bertemu dengan Nyai Fhirda pun menuruti dan mengikuti  umi dan kaka Tafri dari belakan.
Dalam benaknya,Fhirda bertanya-tanya,sebenarnya apa yang direncanakan  Umi?ketapa umi harus bertemu dengan Nyai segala?! Namun segalah pertanyaan yang berputar-putar  di fikirannya urung fhirda  tanyakan kepada umi.Fhirda memilih untuk diam dan terus membuntuti  Umi dan kak tafri dari belakang.
Sesampainya dirumah nyai,Umi segera memutarkan maksud dan tujuannya.Tampa fhirda duga, ternyata Umi meminta izin agar fhirda diperbolehkan meninggalkan ma’had untuk beberapa hari karena  keponakan Umi yang di Jakarta akan menikah dua hari lagi.Bagaikan tesambar petir di siang bolong,fhirda tekejuk dengan ucapan Uminya,bagaimana mungkin wisuda yang fhirda nanti-nantikan selama dua bulan  harus dilewatkan begitu saja karena hanya ada acara pernikahan.
Fhirda pun mencobak menolak permintaan Uminya. Dengan halus fhirda beralasan wisuda tinggal beberapa hari dan dia tidak mungkin  untuk meninggalkan teman-temannya yang akan merusak latihan mereka,sebenarnya fhirda tak ingin menghabiskan waktu terakhirnya dengan perpoisahan yang lebih cepat dari yang semestinya.Tetapi apa mau dikata,sekeras apapun usaha Fhirda untuk tetap tinggal di ma’had ,Umi tetap bisa membujuknya untuk pulang.
Fhirda pun meninggalkan ma’had dengan berat hati dia menyempatkan diri untuk berpamitan dengan teman-temannya.Dan tentunya dengan anak-anak Qasidah,dia meminta maaf karena tidak bisah melengkapi mereka.Tetapi dia berjanji akan berusaha dating ketika hari wisuda.
Sesampainya di rumah,Umi telah menyiapkan semua baju yang akan Fhirda bawah.Mobil pun meleset menuju bandara juanda,ternyata,Abah juga telah sudah memesan tiket pesawat yang akan Fhirda tumpangi.Setelah perjalanan kurang lebih selama satu jam,Fhirda pun sampai di bandara Ir.Soekarno.
Fhirda gelisah dan tidak sabar menunggu waktu wisuda.Ingin rasanya dia meninggalkan pesta yang sedang berlangsung dan segera terbang ke ma’hadnya.Fhirda memohon kepada Umi dan Abahnya agar diizinkan untuk pulang lebih awal karena ingin mengikuti acara wisuda.Akhirnya, Abah mengizinkan asal Fhirda di temani ka Tafri.
Fhirda sangat bersyukur karena setelah acara pernikahan itu selesai,dia bisah kembali ke ma’had tepat wakltu.Fhirda dapat menepati janjinya.Tetap ba’da magrib,Fhirda sampai di ma’had untungnya acara wisuda akan dimulai ba’da Isya.
MADRID SUMMIT
11Maret 2004,madrid  diguncang ledakan bom yang menewaskan hampir 200 jiwa,peristiwa yang kemudian dikenal sebagai”M-11”ini menurut polisi spanyol dilakukan oleh jaringan Al-Qaidah.Peristiwa pengebongan ini,telah menambah panjang daftar  tindakan teror  dinegeri matador ini,yang sebelumnya sering dilakukan kelompok ETA Basque.Pada jaringan tahun pertama peristiwa ini,Club de Madrid menggeler “international summit on Democracy,Terorisme,dan keamanan,and security”berlangsung 8-11maret  2005 dengan pengamanan ketat.Dibuka oleh raja dan perdana mentri spanyol,kemudian ditutup oleh sekjen PBB Kofi Annan.KTT yang lebih dikenal dengan,”Madrid summit”ini,menghadirkan banyak kepala Negara dan kepala pemerintahan,serta para sarjana dan pakar terkemuka  dunia dalam bidang demokrasi,terorisme dan keamanan.Dari Indonesia diwakili Prof.DR.Azyumardi Azra.
KTK terbagi atas 16 kelompok kerja yang membahas akar-akar terorisme dari berbagi segi,dari aspek psikologi,politik ekonomi,budaya sampai agama.Terdapat pula kelompok kerja tentang langkah dan kebijakan antiteror dari berbagai dimensi.Kelompok kerja yang telah berdiskusi melalui internet berbulan-bulan  sebelum KTT itu berlangsung,menghasilkan sejumlah kesepakatan penting seperti :
Kesadaran bahwa dewasa ini tidak ada Negara  yang kebal dan bisah terhindar dari terorisme (tindakan kekerasan yang ditunjukkan  untuk menciptakan dampak ketakutan luar biasa ditengah masyarakat secara keseluruhan)Akar terorisme juga sangat kompleks,yang bisah merupakan gabungan dari berbagai faktor,sejak dari ketidakpuasan politik domestik dan internasional,kemiskinan,keterbelakangan,pendidikan penafsiran,literal dan sepotong-potong atas(teks)agama,alienasi dan ketercerabutan budaya,dan faktor terkait lainnya.
Khusus tentang akar keagamaan terorisme,kesepakatan dalam kelompok kerja yang dipimpin Profesor Mark juergensensmeyer dari UC santa berbara amerika serikat,antara lain menegaskan bahwa : Agama per sejarang atau hampir tidak perna menjadi satu-satunya penyebab terorisme.yang sering terjadi,faktor penyebabnya malahan faktor-faktor ekonomi,politik sosial,dan budaya bercampur baur satu sama lain,yang kemudian di-justifikasi dengan penafsiran  literal dan ketat atas agama.Penafsiran semacam ini sangat boleh jadi penyumbang bagi terciptanya”culture of  violence”dikalangan kelompok keagamaan tertentu yang menolak berkompromi dan bahkan memegang perspektif tentang perang kosmik.
Memandan akar-akar terorisme yang begitu komplek,penganannya juga mestilah multifacatted,miltitrack,dan komprehensif.respons militer  dan keamanan saja disepakati tidak akan mapu menangani terorisme.Sebaliknya,justru kontraproduktif dan dapat menciptakan berbagai ekses yang pada gilirannya melahirkan,’lingkaran terorisme yang sulit diakhiri.
Juga dipandang keliru pengguna istilah,’jihadists’yang semakin meluas belakangan ini ,untuk menyebut orang-orang Islam yang terlibat dalam tindakan terorisme,.Tingdakan teror yang mereka lakukan,yang mengakibatkan tewasnya  banyak,innocent people’bukanlah ‘jihad’dalam arti sesungguhnya.Penggunaan istilah tersebut selain merupakan distorsi dan tidak sesuai dengan ajaran islam yang benar,sekaligus juga merupakan ‘stigmatisasi’terhadap islam secara keseluruhan.
Lebih jauh,terorisme tidak dapat dibasmi dengan tindakan-tindakan unilateral,sebaliknya harus melalui kerjasama multilateral,khususnya melalui lembaga-lembaga internasional,terutama PBB.Unilateralisme Negara pada tingkat internasional,hanya akan menumbuhkan petegangan internasional - diantara berbagai Negara – dan sekaligus meningkatkan ketegangan diantara  masyarakat-masyarakat dunia.
Pada tingkat demostik,meski bukan satu-satunya obat mujarab,demokrasi dipandang sebagai internatif untuk mengurangi jika tidak dapat menghilangkan terorisme secara keseluruhan.Penguatan demokrasi mestilah sejalan dengan pemberdayaan aparat dan tatanan hokum dengan tetap trrhormati HAM,Penguatan civil society dan pemberian ruang dan partisipasi dan dialog yang lebih besar.dengan begitu,political discontent yang dapat berujung pada terorisme  dapat diakomodasi dan disalurkan dengan penuh keadaban.
Dengan demikian,Madrid summit yang dirancang dilaksanakan dan dikaji bersama oleh sebagian  besar pakar dunia barat sendiri,adalah sebuah upaya yang diharapkan dapat membuka mata-mata pandangan mereka tentang akar terorisme dengan segalah penyebab dan keterkaitannya,dan khususnya  tentang islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai pedamaian dan hiodup berdampingan secra damai untuk memakmurkan dunia ini.(diolah dari jejak-jejak jaringan kaum muslim,azyumardi azra,2007)ahar
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik, Mohon maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbaru P*RN*G*R*FI, OB*T, H*UCK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan di tampilkan! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment