PERANG BADAR


Perang badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 H,di dekat pirigi bernama badar,125 km setelah madinah antara mekkah karena itu peperangan ini terkenal dengan nama perang badar,.Sebab utama terjadinya [perang badar karena kaum kafir Quraisy  telah mengusir kaum  muslimin dari mekkah.
Ketika kafilah perdagangan  kafir Quraisy yang di pimpin  oleh Abu Sufyan bin harb melintasi negeri madinah,Rasulullah  menyuruh mencegatnya di  adalah pertengahan jalan,karena harta yang di bawah  oleh mereka sebagian besar adalah harta rampasan dari kaum muslimin  ketika mereka akan behijrah ke Madinah.
Segerah disusun pasukan  islam satu sebanyak 313 orang yang terdiri dari 210 orang muslim Anshar dan lebihnya dari muslimin Muhajirin,berbeda pasukan islam  dipegang  oleh Mus,ab Bin Umair.
Mendengar Rasulullah Saw. Telah menyiagakan pasukan,Abi Sufyan segera kembali ke mekkah memberikan kabar kepada  tokoh kafir Quraisy.Maka Abu jahal  membentuk pasukan berkekuatan 1000 orang yang melindungi  kafilah perdagangan mereka dari serangan pasukan islam.
Rasulullah membentuk  regu pengintai untuk menyelidiki kafilah  perdagangan.Pasukan kafir Quraisy  telah mengawal mereka  menuju ke desa  Badar..Hal ini segerah dilaporkan  kepada Rasulullah.Untuk menhadapi kafir Quraisy,Rasulullah bemusyawarah kepada sahabat kaum Muhajirin dan anshar, dan disepakati untuk menuju ke desa  Badar untuk menyongsong kedatangan  pasukan kafir Quraisy.Pasukan islam berkema dekat sumber air di desa  badar sehingga dengan mudah menghadang pasukan kafir Quraisy  dan mencegah mereka untuk mengambil perbekalan air untuk pasukannya.
Sebelum berkecamuk perang antara ke duanya pasukan,terjadi perang tanding.Majulah dari  pasukan kafir Quraisy  AL-Awad bin abdul Asad,dapat dikalahkan   oleh dari pasukan  islam.Lalu muncul Atabah bin Rabi,ah,Syaiban binWalid dari pasukan kafir Quraisy dan dapat dikalahkan oleh Hamzah bin Abdul Muthalib,Ali bin abu  Thalib dan Ubaid bin Al-arist.Pasukan Quarisy kemudian menyerbu medang perang,tetapi da;pat dikalahkan oleh pasukan islam.Dengan 14 orang gugur sebagai syahid.Sedangkan dari kaum  Musyrikin  telah tewas  70 orang dan 70 orang lainnya ditawan.
Di tengah berkecamuknya medang perang ini,Ruqayah,putri Rasulullah yang juga isteri Itsman bin Affan  meninggal dunia.Ketika itu dia ditemani  suaminya (Utsman)di madinah.Utsman tidak keluar ke medan pertempurang atas permintaan Rasulullah untuk  tetap  mendampingi  isterinya yang sedang sakit.Setelah perang Badar Rasulullah menikahkan Uts,man dengan putrinya  yang kedua ,Ummu Kultsum.Atas dasar ini Utsman mendapat gelar Dzunnurain (yang memiliki dua cahaya),karena ia telah menikahi dua orang putri Rasulullah.
Setelah perang Badar,kaum muslimin kembali ke Kemadinah, dengan gembira atas kemenangan dari Allah,dengan membawa para tawanan  dan ghanimah (harta rampasan perang).Diantara para tawanan.ada yang telah menebus dirinya,ada yang dilepaskan  tanpa tebusan,da nada juga yang menebus dengan mengajar 10 orang anak muslim untuk membaca dan menulis.
Dampak dari peperangan Badar  ini mempercepat pertumbuhan dan perkembangan Islam,dam secara umum  dampak tersebut adalah :
a.menambah harum nama umat  Islam di mata bangsa Arab,sehinggah banyak diantara mereka yang dengan  suka rela masuk agama islam.
b.Umat islam merasa yakin dan percaya akan kebenaran agama islam dan Janji-janji Allah Swt.,karena itu mereka selalu siap menghadapi serangan musuh demi  membela kebenaran ajaran islam.
c.Kekalahan pasukan kafir Quraisy yang besar jumlahnya menyebabkan  mereka semakin gentar dan kuatir apabiula berhadapan dengan pasukan islam.
2.Perang Uhud
Perang Uhud terjadi pada petengahan bulan Sya,ban tahun ke 3 hijriya bertepatan dengan bulan januari 625 M.perang ini tejadi di kaki gunung Uhud yang terletak di sebelah  utara kota Madinah.Sebab utama tejadinya perang Uhud  adalah kekalahan yang di derita  kaum kafir  Quraisy di peperangan Badar yang meriupakan pukulan  hebat dirasakan oleh Quraisy.Peperangan yang kedua yang terjadi setelah perang Badar,adalah perang Uhud.
Abu Sufyan mengumpulkan pasukan kaum kafir Quraisy berkekuatan 300 yang terdiri dari orang-orang Quraisy,Arab tihamah,Kinanah,bani al-Harist,bani al Haum dan bani Mustaliq.Sedangkan pasukan kaum muslim dipersiapkan 1000 orang.Nmaun baru saja berangkat untuk menghadapi pasukan kaum Quraisy,seorang munafik  beranama Abdullah bin ubai  beserta 300 pengikutnya keluar dari pasukan islam.Dalam peperangan ini Rasulullah Saw.Mengatur  strategi pasukan pemanah di bawah pimpinan  Abdullah ibnu  jabir di tempatkan diatas bukit Uhud guna menghalau pasukan musuh.
Pada peperangan ini,kaum muslimin mengalami kekalahn.Karena mereka telah menyalahi perintah Rasulullah dan tidak mematuhi strategi yang telah beliau buat.Kaum muslimin telah gugur sebagai syuhada ada tujuh puluh orang salah seorang di antaranya adalah Hamzah paman Rasulullah Saw.
Setelah perang Uhud,orang-orang Yahudi telah keluar menuju Mekkah menyerukan kepada kaum kafir Quraisy untuk memerangi kaum muslimin di Madinah,dan berjanji akan memmberikan dukungan.Kaum kafir pun memenuhinya.Kaum yahudi tidak saja menyerukan kepada  kaum kafir Mekkah,tetapi juga kabila-kabila  lain,dan  semuanya menyetujui ajakan tersebut.Maka,berangkatlah sekitar 10.000 pasukan kaum musyrikin menuju Madinah dari berbagai penjuru dan mengepungnya.
3.Perang Ahzab (Khandaq)
Perang khandaq /Ahzab terjadi pada bulan Syawal tahun 5 hijriyah di sekitar kota Madinah bagian utara.Peperangan Ahzab sebagaimana namanya adalah gabungan dari golongan-golongan yang bekumpul dengan maksud dengan  menumpas Islam dan kaum muslimin.Rasa dendam bani Nhadir terhadap Rasulullah Saw.yang mengeluarkan mereka dari bagian Madinah  dilakukan dengan  menghasut tokoh Quraisy  bersekutu dengannya.
Abu Sufyan menyiapkan pasukan Kafir 10.000 orang,melihat pasukan kafir telah siaga, segera Rasulullah Saw.Bermusyawarah,Salma al Farisi mengusulkan membuat patit (khandaq) untuk menghambat laju musuh.Rasulullah Saw.dan para sahabat menyetujui ususlan Salman al Farisi.Maka dibuatlah parit dari arah barat  ke timur di kawasan utara kota Madinah,lalu pasukan islam yang berjumlah  kurang lebih 3000 orang juga telah disiap siagakan Zaid bin Harits sebagai pembawa bendera Anshar.
Ketika pasukan  kafir akan memasuki kota Madinah mereka terkejuk  dengan taktik perang pasukan muslim.Beberapa tokoh Quraisy mencoba menerobos parir untuk menghadapi pasukan islam namun tidak berhasil seperti yang dilakukan  Ikrimah bin Abbu yang akhirnya ia meninggal.Disaat berkecemuknya perang khandaq  ada dua peristiwa  pertama Yahudi dari bani  Quraidzahmelanggar perjanjian,mereka enggan membantu pasukan Islam bahkan mereka bersekutu  dengan pasukan kafir Quraisy,kedua seorang tokoh yang disegani oleh kafir Quraisy maupun Yahudi bernama Nuaim bin Mas,ud memeluk agama islam dan meminta Rasulullah Saw.Untuk mengambil bagian dalam mempertahankan dan membela kota Madinah.
Nabi Muhammad Saw.memerintahkan Nuaim bin mas,ud untuk melaksanakan taktik  guna memecahkan  kekuatan musuh yaitu”menyerang untuk membelah diri” (ad Difa,ul Hujumy).Taktik berhasil hingga pasukan kafir Quraisy dengan Yahudi dan Quraidzah bermusuhan dalam barisan.Dalam perang ini Allah SWT.juga memberikan pertolongan kepada pasukan islam dengan angina dan badai yang teramat besar yang memporak porandakan pasukan kafir.
Akhirnyta perang Khandaq dimenangkan oleh pasukan islam.
                                    NILAI  KARAKTER
Cinta Damai dan peduli lingkungan dalam peristiwa fathu makkah Nabi Muhammad Saw.bersabda : wahai kaum Quraisy,apakah yang akan aku lakukan terhadap kalian?Mereka menjawab  : “kebaikan (engkau) saudara yang baik dan anak dari saudara yang baik pula”Rasulullah berkata : “pergilah!,kalian telah bebas”.Rasulullah telah memberikan teladan yang agung dalam memafkan musuh-musuhnya yang  telah menyiksa,menyakiti,membunuh para sahabatmya,dan mengusir dari kampong halaman.



Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
23 September 2016 pukul 05.58 ×

keren banget mas...
luar biasa sangat bermanfaat mas...

Reply
avatar
Unknown
admin
25 September 2016 pukul 09.19 ×

Nice pos nya gann...!!!
smoga semakin good kedepannya

Reply
avatar
Unknown
admin
25 September 2016 pukul 10.58 ×

mkasih gan...!!!
amin ya Rabb

Reply
avatar
Unknown
admin
25 September 2016 pukul 20.38 ×

nice bang..
sunnguh luar biasa artikelnya bang

Reply
avatar
Unknown
admin
25 September 2016 pukul 21.11 ×

alhamdulillah mkasih gan

Reply
avatar
Unknown
admin
25 September 2016 pukul 23.08 ×

assalamualaikum postingannya sangat bermanfaat mas

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik, Mohon maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbaru P*RN*G*R*FI, OB*T, H*UCK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan di tampilkan! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment