Ini yang sebenarnya terkandung dalam minuman favorit Anda


Bila Anda penggemar minum soda atau jus, Anda sebaiknya tahu apa saja yang terkandung dalam minuman Anda dan apa manfaat atau kerugiannya.

•    Bila Anda penggemar minum soda atau jus, Anda sebaiknya tahu apa saja yang terkandung dalam minuman Anda dan apa manfaat atau kerugiannya. Kita tidak membicarakan tentang minuman beralkohol yang jelas berbahaya dan dapat membuat orang mabuk dan berbuat hal-hal di luar kesadarannya serta kecanduan. Yang akan kita teliti ialah minuman yang kita konsumsi sehari-hari, apa saja manfaat dan kekurangan minuman-minuman itu.

•    Susu
           Mengandung banyak vitamin, dapat menaikkan tekanan darah rendah dan mengandung banyak protein. Kekurangannya adalah bila Anda tidak dapat menahan laktose yang terkandung dalam susu, Anda akan menderita sakit perut. Namun selain susu sapi ada pula susu almon, susu kedelai dan susu lain yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

•    Kopi

          Ada sementara orang yang tidak dapat memulai harinya tanpa minum kopi. Dapat menahan kantuk, dan baunya memang sedap memenuhi dapur, membangunkan mata yang masih setengah terbuka. Namun kafein yang terkandung dalam kopi dapat menaikkan darah tinggi dan bila diminum terlalu banyak bahkan dapat membuat orang tegang serta resah.

•    Jus

          Banyak manfaatnya bila terbuat dari buah atau sayur, karena mengandung banyak vitamin. Meskipun begitu bila disalahgunakan sebagai pengganti makanan tetap dapat berakibat fatal. Banyak orang, terutama kaum wanita yang ingin menjaga kelangsingan tubuhnya, menjalankan diet terlalu ketat dengan minum jus sayur saja, sehingga melupakan kesehatannya. Di sinilah perlunya pola makanan 4 sehat 5 sempurna. Kita tidak dapat menjaga kesehatan tubuh dengan hanya bersandar pada satu bahan belaka.

•    Soda
          Salah satu minuman yang banyak digemari karena menyegarkan dan diminum ketika udara panas. Tetapi minuman ini dianggap sebagai salah satu penyebab tulang keropos. Sebaiknya tidak diminum terlalu banyak, melainkan sesekali saja. Seperti jus yang dibeli jadi, minuman bersoda mengandung terlalu banyak gula. Ini dapat memicu penyakit diabetes dan lainnya.

•    Teh

           Boleh dikatakan bangsa Indonesia adalah bangsa peminum teh. Teh dapat meninggalkan bekas coklat pada gigi kita dan kandungan kafein di dalamnya dapat berakibat buruk seperti kopi. Teh yang kebanyakan diminum dengan gula juga dapat mengakibatkan kencing manis.

•    Power Drink

           Sekarang ini populer minuman power drink yang konon dapat menyegarkan otak, badan dan mencegah kantuk. Padahal semua ini didapat dari kafein yang sangat banyak terkandung dalam minuman-minuman semacam ini. Sesekali kita mendengar berita orang yang mati karena minum minuman ini dua kali sehari. Semua ini akibat jantung yang dipacu terlalu cepat oleh kafein dalam minuman tersebut. Karena itu berhati-hatilah meminum minuman semacam ini.

•    Air

          Mungkin inilah minuman paling sehat yang dapat Anda nikmati. Kekurangan air justru mendatangkan penyakit seperti dehidrasi dan banyak lagi lainnya. Paling sedikit Anda dianjurkan minum air 8 gelas sehari. Anda tidak perlu membeli air botolan yang mahal harganya. Anda dapat membeli penyaring air sehingga tersedia air bersih untuk diminum di rumah tanpa mengganggu jaringan ekosistem dengan sampah botol plastik. Anda dapat menambahkan rasa pada air putih Anda dengan irisan jeruk lemon, nanas, atau apel. Nanas, kayu manis dan cengkeh juga merupakan kombinasi yang lezat untuk memberi rasa pada air Anda, asalkan jangan menambahkan terlalu banyak gula di dalamnya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
8 April 2017 pukul 00.12 ×

wah pantes setiap minum susu langsung sakit perut, ini dia penyebabnya laktose.. btw laktose apa ya gan..

Reply
avatar
Unknown
admin
9 April 2017 pukul 07.51 ×

Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu galaktosa dan glukosa. Laktosa ada di dalam kandungan susu, dan merupakan 2-8 persen bobot susu keseluruhan.

semoga bermanfaat yah ..

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik, Mohon maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbaru P*RN*G*R*FI, OB*T, H*UCK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan di tampilkan! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment